JIMMY BAIN, telah meninggalkan kita di usia 68 tahun

Jimmy Bain

Tahun ini kita kembali kehilangan seorang musisi rock beken dan legendaris, ia adalah James Stewart Bain “Jimmy Bain”, bassis legendaris RONNIE JAMES DIO dan RAINBOW, yang meninggal pada 24 Januari 2016 di usia 68 tahun dengan sebab kematian yang saat ini masih belum diberitakan.

Jimmy Bain, lahir 19 Desember 1947 di Highland, Skotlandi, adalah bassist Skotlandia yang dikenal sangat baik kala bermain dengan band-band besar seperti RONNIE JAMES DIO dan RAINBOW. Dia juga mengerjakan album solo dari Phil Lynott, mantan leader THIN LIZZY, Mike Montgomery, WILD HORSES, Gary Moore, WORLD WAR III, 3 LEGEED DOG, dan David Kubinec.

Awal karir dari Bain, diajak oleh Ritchie Blackmore untuk bergabung RAINBOW dan bermain bass pada album “Rising”, serta album live “On Stage”, kemudian ia dipecat dari band pada tahun 1977.

Tahun berikutnya, ia membentuk WILD HORSES dengan mantan gitaris THIN LIZZY Brian Robertson, merilis dua album di awal tahun 1980-an. Bain kemudian melanjutkan karir untuk menulis lagu dengan temannya Phil Lynott untuk dua album solonya. Pada 1983 Bain bergabung DIO, ia juga turut menulis banyak lagu hits termasuk ‘Rainbow in the Dark’ dan ‘Holy Diver’. Selain itu Jimmy Bain adalah anggota terakhir LAST IN LINE, bersama Vivian Campbell, Vinny Appice dan Andrew Freeman. Band ini tampil bersama DEF LEPPARD minggu lalu.

Advertisements