BLACK SABBATH merilis album terakhir pada konser perpisahan “The End Tour”

Black Sabbath_logo

Album ke ke-19 milik BLACK SABBATH, “13”, yang dirilis pada 2013 sempat menduduki peringkat teratas tangga lagu di Amerika Serikat dan Inggris dan membawa pulang piala Grammy Award setelah memenangkan nominasi Penampilan Band Metal Terbaik.

Tahun lalu sang vokalis Ozzy Osburne mengumumkan bahwa BLACK SABBATH akan menggelar tur perpisahan yang diberi judul The End Tour, sekaligus merilis album terakhir pada 2016. Walau begitu, Ozzy mengatakan, semua bisa saja berubah mengingat tempat tinggal personel BLACK SABBATH di negara yang berbeda begitu juga soal materi di album baru, Ozzy menjelaskan bahwa setiap personel BLACK SABBATH punya gaya berbeda-beda.

Seperti yang dilansir dari NME pada Selasa (19/1), album terbaru yang rencananya berisi delapan lagu baru tersebut juga berisi beberapa lagu yang belum sempat masuk di album “13”. Ada bocoran bahwa lagu yang akan mengisi album terakhir BLACK SABBATH seperti ‘Season of the Dead’, ‘Cry All Night’, ‘Take Me Home’, ‘Isolated Man’ serta versi live dari lagu ‘God Is Dead’, ‘Age of Reason’, ‘End of the Beginning’ dan ‘Under the Sun’.

Album terakhir BLACK SABBATH yang belum diberi judul tersebut hanya akan dijual selama rangkaian tur perpisahan mereka, bertujuan agar para penggemar dapat mengenang masa-masa konser dan album terakhir BLACK SABBATH.

Kepada Billboard Geezer Butler mengatakan “Saat membuat album 13 kami membuat sekitar 16 lagu. Kami bertanya kepada Rick Rubin (produser) dan ia memilih delapan lagu yang akhirnya masuk dalam album 13.

“Lagu-lagu yang tersisa akan kami masukan dalam album yang akan dijual dalam konser terakhir kami,” lanjut Butler.

Advertisements