30 tahun sudah KEITH RICHARDS menjauhi obat-obatan terlarang

Keith Richards

Gitaris ROLLING STONES Keith Richards (71), di masa mudanya pernah terjerumus narkoba dan memiliki riwayat penggunaan obat-obatan terlarang.

Dalam autobiografinya “Life” ia mengaku telah berhenti menggunakan obat-obatan kelas berat dan hanya menghisap ganja, “Orang masih mengira kalau saya seorang pecandu. Sudah 30 tahun sejak saya berhenti. Citra itu seperti bayangan yang panjang. Ketika matahari mulai terbenam, kau masih bisa melihatnya,” kata Richards.

Meski telah berusia senja, Richards juga mengakui dirinya masih tidak bisa lepas dari mariyuana. Dalam sebuah wawancara dengan majalah Mojo seperti dilansir Huffington Post, “Saya rutin menghisap ganja, setiap pagi berbagi bersama (teman).”

Richards senang dengan legalisasi ganja di Amerika Serikat, malahan sudah legal digunakan di empat negara bagian. Namun ia ragu apakah legalisasi akan menjadi hal yang baik atau buruk untuk jangka panjang.

Narkoba atau zat-zat terlarang tersebut bagi Richards tidak mempunyai andil apapun dalam kreativitas bermusiknya. Narkoba hanya membuat ia sering terjaga di malam hari dan ingin selalu mencari barang tersebut. Ia masing mengingat demi membeli zat terlarang tersebut di jalanan kota New York sambil membawa pistol.

“Terkadang sulit (dalam mendapatkan pasokan), kami harus turun ke East Side dan membawa senjata. Hanya untuk berjaga-jaga,” katanya kepada The Sunday Times.

Richards seakan berpesan kepada fans di seluruh dunia untuk berhenti mengkonsumsi narkoba setelah ia menyadari kalau zat terlarang tersebut hanya membuat kreativitas bermusik dan hidupnya berantakan, “Saya harus berhenti karena saya sadar semua coba-coba ini telah berlangsung terlalu lama. Ada yang bisa mengatasinya, ada yang tidak. Jika narkoba menjadi lebih penting dari musik itu sendiri, maka kau telah kalah,” pungkasnya kepada BBC.

Marilah kita jadikan Keith Richards sebagai panutan untuk menjauhi obat-obatan terlarang sebelum kita mati sia-sia dengan menjulurkan lidah.

Advertisements