Selamat jalan tuan LEMMY KILMISTER

Lemmy Kilmister BMR

Beberapa hari ini saya sibuk bepergian keluar kota sehingga (maaf) saya tak sempat update info untuk Anda. Ketika saya melakukan perjalanan keluar kota, ada kiriman email update pada Selasa 29 Desember di Handphone yang menuliskan bahwa salah satu idola saya yaitu mentor Ian Fraser “Lemmy” Kilmister (Lemmy Kilmister) telah tiada, saya begitu tercengang.

Dalam perjalanan saya tidak membawa laptop untuk mengunggah info tersebut. Setelah urusan selesai, pada 30 Desember dini hari saya bergegas pulang. Sampai di rumah setelah tidur satu jam barulah saya bisa menyampaikan info ini kepada Anda.

Jagat musik metal telah kehilangan salah satu mentor rock, Lemmy Kilmister (70). Pentolan MOTÖRHEAD yang memiliki suara vokal serak ini telah meninggal dunia pada Senin sore 28 Desember, setelah berjuang melawan penyakit kanker ganas sejak ia rasakan kembali kambuh pada 26 Desember. Lemmy meninggal hanya empat hari setelah ulang tahun ke 70-nya. Berita kematiannya pertama kali dilaporkan oleh pembawa acara TV dan radio Eddie Trunk, yang merupakan teman lama dari Lemmy.

Pada 2013, dalam rentang waktu kurang dari dua minggu, terungkap bahwa Lemmy menderita hematoma dan memakai defibrilator implan yang dimasukkan dalam dadanya untuk memperbaiki detak jantung yang tidak teratur, memaksa band untuk membatalkan serangkaian jadwal tur. Satu bulan kemudian, MOTÖRHEAD tampil di Wacken Open Air di Jerman, tetapi dengan terpaksa hanya memainkan enam lagu karena masalah kesehatan Lemmy.

Kini dari seluruh komunitas musik dunia telah berbagi cinta mereka untuk Lemmy. Ia merupakan salah satu musisi terhebat, siapa pun yang pernah bertemu atau berbicara dengan Lemmy akan memberitahu Anda bahwa dia memiliki karakter yang unik.

Lemmy lahir pada malam Natal 24 December 1945 di Staffordshire, Inggris. Dia menapaki musisi profesional pertamanya sebagai gitaris ROCKIN ‘VIKERS pada tahun 1965, yang merilis tiga single dan melakukan tur Eropa. Dia meninggalkan band pada 1967 dan keluar masuk band lain sampai mendarat di atas panggung sebagai roadie untuk Jimmy Hendrix.

Memasuki tahun 1972 Lemmy meninggalkan tanda permanen di wajah musik rock setelah bergabung dengan HAWKWIND sebagai bassis. Lemmy bersama HAWKWIND berhasil membuat debut album live “Space Ritual”, yang masih dianggap sebagai salah satu album live yang terbaik sampai saat ini. Dengan tingkah lakunya yang buruk, ia dipecat dari HAWKWIND kemudian pada 1975 ia mendirikan MOTÖRHEAD sebagai vokalis, bassis, penulis lagu dan juga vokalis.

Lemmy Kilmister 2

Setelah keluar dari HAWKWIND, ia memperluas cahaya keberhasilan karir bersama MOTÖRHEAD pada tahun 1980 dan 1981 dengan hit single ‘Ace of Spades’, secara teratur ia meraih kesuksesan dan memberi pengaruh kuat pada ritme musik MOTÖRHEAD sampai kematiannya pada Desember 2015.

Selain karir bermusik, Lemmy juga sempat bermain film, antara lain “Hardware” pada 1990 dan “Eat the Rich” pada 1987. Karena sosoknya pula, Lemmy beberapa kali menjadi karakter video game, seperti dalam “Guitar Hero: Metallica” dan “Scarface: The World is Yours”.

Fans Lemmy bersama MOTÖRHEAD bangga memiliki warisan yang terdiri dari 23 album studio yang mencapai 30 juta lebih penjualan di seluruh dunia, dan rata-rata setiap rilis album baru tidak kurang dari dua tahun. Lirik lagu band ini sebagian besar adalah refleksi langsung dari sikap liar Lemmy, hampir secara khusus berurusan dengan minum, obat-obatan, wanita, judi, kematian dengan lisan kasar dan seadanya.

Ya, vokalis ini gemar sekali menggunakan amfetamin, kokain, merokok, menenggak sebotol Jack Daniels setiap hari selama hampir empat dekade, diselingi dengan Coca-Cola dan itu semua demi kesenangan hidupnya. Pecah kabar ia juga didiagnosis menderita diabetes, aritmia jantung, dan harus beralih dari Jack dan vodka ke Coke. Dia juga secara drastis mengurangi rokoknya, dari dua bungkus sehari menjadi satu atau dua batang sehari. Lemmy adalah salah satu orang yang paling legendaris sebagai musisi rock yang mengakui telah meniduri lebih dari seribu wanita, salut.

Sekian parah penyakit menjangkiti Lemmy, pada musim gugur 2015, ia mempersingkat dan membatalkan pertunjukan pada tur Bad Magic, ia sedang berjuang melawan infeksi paru-paru. Di sebuah acara di Texas, ia berjalan dari panggung setelah menikmati tiga lagu. Kembali dengan tongkat di tangan, Lemmy tampak lemah mengambil mic dan mengucapkan kata-kata “Aku tidak bisa melakukannya”. Para fans memberi hormat dengan sorak-sorai “Kami mencintaimu, Lemmy!”.

Lemmy Kilmister 1

Saya, Anda, dan musisi dunia lainnya selamanya berterima kasih atas kontribusi dari musik Lemmy Kilmister, dari musiknya begitu mempengaruhi band-band yang kini telah ada, lagu-lagu nya begitu enak di nikmati dan saya sungguh mengidolakannya. Born to lose, lived to win! Terima kasih untuk segalanya.

Selamat jalan Tuan Lemmy Kilmister.

BMR BeritaMusikRock.wordpress.com

Advertisements