10 Tahun, setelah SYSTEM OF A DOWN merilis album “Hypnotize”

SYSTEM OF A DOWN
SYSTEM OF A DOWN-Hypnotize

SYSTEM OF A DOWN, sering disingkat menjadi SOAD atau SYSTEM, adalah band rock yang terbentuk pada tahun 1994 di Glendale, California. Pada tahun 2001, SOAD mencapai kesuksesan lewat album “Toxicity”, setahun kemudian mereka memiliki peluang untuk merilis album “Steal This Album”.

Pada saat 2004 mereka mengalami kegoncangan karir, selama beberapa tahun terakhir, seluruh dunia terasa sudah gila, seluruh emosi telah nampak dan mempengaruhi penulisan lagu SOAD. Sementara SOAD memiliki gaya tersendiri dan suara yang menempatkan mereka di atas.

SOAD mulai menulis lagu dan berlatih di North Hollywood pada bulan Januari 2004, kemudian mengundurkan diri ke Houdini Mansion di bukit Laurel Canyon Hollywood bersama produser Rick Rubin. Sebagai proses selanjutnya, band ini menyadari bahwa mereka memiliki lebih dari cukup bahan untuk melampaui format album baru yang awalnya diharapkan rilis pada akhir tahun 2004, kemudian mereka meneruskan ke tahun 2005 dengan merilis dua album sekaligus.

Penyanyi Serj Tankian mengatakan, “Secara emosional telah banyak pergolakan bagi kita semua selama setahun atau lebih. Ada sejumlah usulan komentar di media sosial untuk lagu baru, serta lagu-lagu di mana kita berurusan dengan cinta, politik dan pengalaman lucu.”

Namun, ide mengeluarkan album ganda sedikit menakutkan mereka. Malakian menyatakan, “Anda tidak memiliki sekelompok anak-anak menjatuhkan asam seperti dulu. Anda tidak bisa hanya merilis album ganda dan mengharapkan orang untuk duduk di sana dan mencurahkan waktu mereka untuk itu. Lagu-lagu kami akan sulit untuk dicerna dan saya akan merasa sangat tidak nyaman memberikan CD kepada seseorang dengan 25 lagu menatap wajah mereka.”

Walau demikian, band ini tetap merilis dua album dalam setahun yaitu “Mezmerize” pada 17 Mei 2005 dan “Hypnotize” rilis enam bulan kemudian tepatnya 22 November 2005, menurut mereka itulah dua album yang benar-benar hebat, dan saling terhubung satu sama lain.

Sebelum album “Hypnotize” dirilis  pada 22 November 2005, Malakian menulis lagu sambil duduk di mobilnya menunggu kekasihnya, yang menjadikan sebuah lirik dalam lagu. Sejalan dengan waktu, lagu mereka naik ke posisi No 1 di Modern Rock Tracks, dan menduduki posisi No 5 di Mainstream Rock Tracks. Hal ini juga berhasil memecahkan Billboard Hot 100, naik melampaui 57 nomer.

Seperti perkiraan mereka, “Hypnotize” menjadi debut di Billboard 200 Album Chart dengan menempati No 1. “Hypnotize”memiliki sertifikat emas dalam satu bulan rilis dan juga mendapatkan platinum. Tapi setelah proyek besar tersebut, mereka memutuskan istirahat dalam rentang tujuh tahun, dari Agustus 2006 sampai November 2010, memungkinkan Serj Tankian untuk membuat album solo, Daron Malakian bersama drummer John Dolmayan, dan Shavo Odajian mengambil bagian dalam beberapa proyek band ACHOZEN.

 

Advertisements