David Lee Roth

David Lee Roth

David Lee Roth

Untuk pecinta musik rock di seluruh dunia yang selalu rajin membuka blog BMR. Saya senang sekali Anda bisa berpartisipasi dan berbagi informasi di seputar kegiatan para rocker maupun informasi tentang musisi rock dunia lainnya dengan tujuan turut menyemarakkan isi blog BMR ini.

Untuk berita yang akan saya update ini adalah kiriman dari salah satu responden facebook BMR (untuk nama sengaja tidak saya tuliskan). Dan kepada Anda semua…. Saya akan tunggu segala informasi dari Anda yang tentunya akan saya seleksi terlebih dahulu sebagai informasi yang menarik yang kemudian akan saya update ke seluruh dunia. Terima kasih.

David Lee Roth 2

Dilahirkan di Bloomington, Indiana, AS pada 10 Oktober 1954 dengan nama David Lee Roth adalah putra dari seorang ophtalmologis. Beberapa penyanyi favoritnya adalah artis jazz Al Jolson dan legenda R&B Ray Charles. Selama musim panas, Roth mengunjungi pamannya Manny di New York City. Pamannya mengelola sebuah klub Café Wha? di lingkungan Greenwich Village, sebuah tempat terkenal untuk bakat terkenal seperti Bob Dylan dan Jimi Hendrix.

Saat remaja Roth pindah ke California dengan keluarganya. Dia mulai manggung di SMA dengan ikut band. Sebagai seorang murid di Pasadena City College, Roth belajar teori musik untuk beberapa saat. Disana, dia berteman dengan Eddie dan Alex Van Halen, dua bersaudara dari Belanda yang bermain bersama di sebuah band bernama MAMMOTH.

David Lee Roth 3

Selain itu Roth juga bermain dengan beberapa band, antara lain RED BALL JETS. Van Halen bersaudara kadang-kadang menyewa tata suara milik Roth untuk gig mereka. Roth kemudian bergabung MAMMOTH, yang kemudian mengganti namanya menjadi VAN HALEN, kemudian datang Michael Anthony sebagai bassis grup.

VAN HALEN menjadi sebuah band terkenal di skena klub. Menurut beberapa laporan, frontman KISS Gene Simmons hadir di salah satu konser band dan membayar mereka untuk membuat rekaman demo. VAN HALEN mendapat kontrak dari Warner Bros di 1977 dan merilis album self-title pertama mereka tahun berikutnya. VAN HALEN dengan cepat menjadi terkenal, dengan gaya ekspresif Roth, vocal yang menjerit dan karya gitar revolusioner Eddie Van Halen.

21.vanhalen.0613.kjs

Albumnya mereka berisi beberapa lagu hard rock yang kini menjadi klasik, seperti ‘Runnin with Devil’ dan ‘Jamie’s Cryin’. Roth banyak menulis lirik untuk grup, yang dianggap merubah wajah hard rock dengan sound mereka yang terpengaruh pop dan punk.

Roth dengan VAN HALEN membuat album yang sangat terkenal, “1984”, yang membuktikan rekaman paling sukses Roth dengan band dan mencatatkan single nomor satu pertama mereka ‘Jump’. Dia juga ikut menyutradarai beberapa video klip milik band, namun, Roth mulai melebarkan karirnya seorang diri, dan VAN HALEN dengan cepat menggantikannnya dengan Sammy Hagar.

Van Halen

Dalam karir solonya, Roth merilis rekaman berisi 4 buah lagu, “Crazy From the Heat” EP (1985). Pada EP ini, dia melakukan rekaman beberapa lagu terkenal, mulai dari surf rock California hingga pop lama standar. Roth mencatatkan hit nomor 3 dengan ‘California Girls’ yang ditulis oleh BEACH BOYS. Sebagai penghormatannya pada Louis Prima, ia menulis ‘Medley: I’m Just a Gigolo/I Ain’t Got Nobody’, juga berakhir baik. Tapi lagu-lagu ini berbeda jauh dengan sound hard rock VAN HALEN.

Dengan album “Eat Em and Smile” (1986), Roth kembali ke wilayah asalnya dengan rilisan album penuhnya. Lagu ‘Yankee Rose’ membuktikan sebagai single paling sukses dari album ini. ‘Goin’ Crazy’ juga menjadi terkenal. Roth mulai melakukan eksperimen dengan soundnya di album “Skyscraper” (1988), dengan sound yang lebih pop mainstream dan mengurangi musik hard rock. Di saat albumnya mendapatkan penjualan tinggi, perubahan musik Roth tidak diterima oleh sebagian orang.

David Lee Roth 7

Setelah tur Skyscraper, gitaris Steve Vai meninggalkan band. Roth menyewa virtuoso berusia 19 tahun Jason Becker untuk merekam album solo ketiganya, “A Little Ain’t Enough” yang diproduseri oleh Bob Rock. Album ini mendapat penghargaan emas dari RIAA. Sebelum melakukan tur A Little Ain’t Enough, Jason Becker didiagnosa menderita Lou Gehrig’s disease yang membuatnya tidak bisa tampil di panggung kemudian ia digantikan Joe Holmes.

Roth makin membuat terkejut para penggemarnya dengan album yang diproduseri oleh Nile Rodgers “Your Filthy Little Mouth” (1994), yang menjadi kegagalan komersil. Ini adalah kegagalan pertama baginya, dan kemudian dia mencoba musik baru. Roth melakukan debut di longue act di Las Vegas pada tahun berikutnya, yang gagal menarik penonton.

David Lee Roth 8

Di 1996, Roth reuni dengan VAN HALEN. Dia bekerja dengan mereka pada beberapa trek baru untuk album greatest hits mereka dan muncul dengan mereka di MTV Music Video Awards. Pada tahun yang sama, Sammy Hagar meninggalkan band. Reuni VAN HALEN dengan Roth merupakan hal hebat, setelah menghasilkan beberapa trek dengan rekan seband lamanya, Roth kembali berkarir solo. Mencoba sebuah medium baru, Roth memberi para pembaca sebuah gambaran hidupnya yang gila di otobigrafinya Crazy from the Heat (1997). Dia mencoba merangkum kejayaan masa lalunya dengan bergabung dengan mantan musuhnya, Sammy Hagar, untuk sebuah tur yang sukses di 2002. Pada saat ini, Roth mulai mengeksplorasi karir diluar musik. Dia menjadi EMT berijin di New York.

Di 2005, Roth mempunyai karir cemerlang sebagai seorang DJ radio. Dia disewa untuk mengisi tempat Howard Stern. Tapi karir Roth di radio sangat singkat dan hanya bertahan beberapa bulan, sebelum dia dipersilakan pergi karena memiliki rating yang rendah. Dia menjadi berita utama musik di 2007, saat VAN HALEN dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame, Roth menolak untuk hadir karena dia tidak sanggup untuk tampil.

David Lee Roth 5

Kemudian pada tahun itu juga, dia melupakan masalah dengan VAN HALEN. Dia bergabung kembali dengan band, yang menyertakan pula putra Eddie Van Halen, Wolfgang, pada bass, untuk sebuah tur yang sangat sukses. Dia dan juga anggota band lain kembali ke studio, merekam album “A Different Kind of Truth” yang dirilis di 2012. Album ini masuk di jajaran atas rock chart. Sebagian besar masih menghormati kembalinya Roth dengan menyebutnya “the true hero”.

Advertisements