Ricky Phillips

Former San Fernando Valley resident Ricky Phillips got his first taste of rock and roll fame with the Babys in the 1980s. The bassist hooked up with Styx eight years ago.

Ricky Phillips dilahirkan dengan nama lengkap Ricky Lynn Phillips pada 7 Oktober 1953 di Mount Pleasant, Iowa, tapi dibesarkan di Nothern California. Dia datang dari keluarga yang mencintai musik dan kedua orang tuanya sangat aktif terlibat di theater lokal di kota mereka.

Awalnya ia gemar bermain piano pada usia 6 tahun. Beberapa tahun kemudian, ia mulai memainkan gitar milik Martin ayahnya secara diam-diam dan mempelajari sendiri lagu-lagu milik THE BEATLES dan ROLLING STONE. Ketika ia menginjak usia 12 tahun, Phillips mulai membentuk band pertamanya, THE WARLOX dengan teman masa kecilnya Steve Gunner. Selama beberapa tahun di band, Phillips lebih tertarik untuk bermain bass hingga pemain bassnya pada waktu itu memutuskan untuk menanggalkan bass gitarnya di rumah Phillips dimana mereka berlatih. Perlu diketahui, bahwa permainan bassnya terpengaruh oleh Paul McCartney dan John Entwhistle (The Who).

Ricky Phillips 2

Kemudian Phillips memutuskan untuk pindah ke Los Angeles. Dia ikut audisi beberapa band dengan nama besar di LA dan mendapatkan jadwal manggung. Marc Salter, yang bekerja untuk band asal Inggris THE BABYS, melihat Phillips bermain dan tidak lama direkrutlah menjadi bagian dari anggota band pada 1979. John Waite ketika itu sebagai vokalis dan bassis melepas jabatan gandanya dan memberikan jabatan bassis kepada Phillips sehingga John bisa berkonsentrasi sebagai vokalis.

Setelah 3 tahun bergabung, Phillips telah meninggalkan dua album yaitu “Union Jacks” dan “On The Edge”. THE BABYS membubarkan diri dan Phillips kemudian mulai menyukai menulis lagu, melakukan sesi dan tur yang ekstensif sebagai musisi pendukung. Alhasil ia menempatkan musiknya untuk film The Terminaor, yang membuka pintu untuk lebih banyak mengerjakan soundtrack film dan proyek di beberapa stasiun televisi.

Ricky Phillips 3

Kemudian di Saratoga, California, Phillips bertemu dengan Jonathan Cain dan memutuskan untuk membentuk band baru, yang kemudian lahirlah BAD ENGLISH sebagai gabungan dari THE BABYS dan JOURNEY. Disini BAD ENGLISH hanya menghasilkan dua album, “Bad English” (1989) dan “Backlash” (1991). Pada tahun 2004, Phillips bergabung dengan band STYX, menggantikan Glen Burtnik. Disitu ia mulai rekaman di album “Big Bang Theory” (2005) kemudian album “One With Everything: Styx and the Contemporary Youth Orchestra” (2006).

Pada saat Phillips mendapat proyek rekaman album milik Coverdale dan Page, ia membangun sebuah studio di North Hollywood untuk proyek penulisan lagu sekaligus produksinya. Album pertama yang iia produseri di studio ini adalah album milik mantan vokalis TOTO Fergie Frederiksen dan Phillips yang menampilkan band tamu dari YES, CHICAGO, JOURNEY, Mr. Mister, TOWER OF POWER, Mr. BIG, dan sejumlah pemain sesi.

Ricky Phillips 4

Phillips juga memproduseri rilisan solo Fergie, “Equilibrium” dan band ELEMENTS OF FRICTION. Walaupun ia dikenal sebagai bassis/gitaris untuk BAD ENGLISH, THE BABYS, Coverdale/Page dan STYX, beberapa artis lain pernah tampil di panggung atau rekaman dengannya, antara lain: Jimmy Page, Joe Cocker, Roger Daltrey, Mick Jagger, Sammy Hagar, Jeff Beck, Joe Satriani, Julian Lennon, Ted Nugent, Eddie Money, Steve Stevens, David Coverdale, Glenn Hughes, Joe Lynn Turner, Steve Lukather, Vinnie Caliuta, Alan White, Jeff Porcarro dan Terri Bozzio. Gaya penulisan lagunya mempunyai rentang dari genre rock yang dia ketahui, hingga musik anak-anak untuk Nickelodeon, tema jazz untuk CNN, Be Bop, Flamenco, blues dan pop kontemporer.

Advertisements