ED FORCE ONE, bangga terbang bersama IRON MAIDEN untuk mengunjungi 35 negara

iron maiden logo
Iron Maiden

Pada tanggal 4 September, IRON MAIDEN telah merilis album “The Book of Souls” ke seluruh dunia, itulah album pertama mereka setelah vakum 5 tahun.

Untuk selanjutnya, IRON MAIDEN mengambil tur ke tingkat yang lebih tinggi menggunakan pesawat pribadi yang dinamakan Ed Force One atau Boeing 747-400 Jumbo Jet (alias Queen of the Skies). Vokalis Bruce Dickinson menyempatkan diri mengikuti pelatihan demi mendapatkan lisensi untuk menerbangkan pesawat jet dengan empat mesin besar tersebut, yang hampir dua kali ukuran dan lebih dari tiga kali berat Boeing 757 yang digunakan pada tur sebelumnya di 11/09/2008. Ed Force One yang baru akan membawa anggota band, kru dan lebih dari 12 ton peralatan dengan menempuh lebih dari 55.000 mil (88,500km) planet bumi pada konser di enam dari tujuh benua (Australasia, Asia, Amerika Utara dan Selatan, Afrika dan Eropa) total 35 negara dengan judul The Book of Souls World Tour 2016.

Untuk penampilan di benua Amerika, IRON MAIDEN mengawalinya di Amerika Serikat pada akhir Februari, menuju ke Amerika Tengah mengunjungi Mexico, ,Ei Salvador dan Costarica. Ed Force One kemudian terbang ke Amerika Selatan untuk konser di Argentina, Chile dan sejumlah acara di Brazil sebelum terbang kembali ke Amerika Serikat pada akhir Maret untuk konser lebih dari sepuluh kota di Amerika Serikat dan, tentu saja, Kanada dalam dua minggu pertama di bulan April. Tidak berhenti disitu, Ed Force One meneruskan kinerjanya menuju Jepang, kemudian tampil pertama kalinya di China sebelum menuju ke Selandia Baru dan Australia untuk tur yang komprehensif pada paruh pertama Mei.

Pertunjukkan di Afrika Selatan, adalah kunjungan pertama IRON MAIDEN, disana menjadi persinggahan sebelum Ed Force One menegakkan sayap ke Eropa untuk tur yang sangat luas mulai akhir Mei dan berakhir pada awal Agustus. Ini menjadikan Ed Force One pertama kalinya yang pernah digunakan pada setiap tanggal Tur Eropa dan sebagai sarana transportasi selama di sana setidaknya untuk beberapa minggu pertama.

Ed Force One adalah pesawat penumpang seperti pada umumnya berbadan lebar terbesar kedua saat ini, setelah pesawat A380 yang beroperasi pada akhir Oktober 2007. Dengan kekuatan empat mesin, memiliki panjang yang mengesankan dari 70.7m (232ft), tinggi 19.4m (63.6ft), dan rentang sayap 64.4m (211ft), diproduksi menggunakan konfigurasi dua dek dimana dek atas digunakan untuk kelas bisnis. Konfigurasi 3-kelas (kelas pertama, kelas bisnis dan kelas ekonomi) mampu menampung 400 penumpang dan konfigurasi 1-kelas (hanya kelas ekonomi saja) mampu menampung 600 penumpang, dan terbang pada kecepatan yang tinggi (umumnya 0,85 Mach atau 909 kilometer per jam) dan mampu terbang antara benua (dengan jarak maksimum 13.570 km sampai 15.000 km).

Iron Maiden Ed Force One - 1

Iron Maiden Ed Force One - 2

Advertisements