ENSLAVED “In Times”

Enslaved

“In Times” adalah album studio ketigabelas ENSLAVED yang dirilis melalui Nuclear Blast Records pada 6 Maret 2015. ENSLAVED telah memiliki banyak album, namun album terakhir, “RIITIIR” (2012), memiliki ruang waktu rekaman lumayan panjang, dua tahun dan cukup sukses untuk band. Mereka telah melakukan tur panjang untuk mendukung album tersebut, sehingga mereka memiliki sedikit masa istirahat untuk rekaman.

Dibandingkan dengan pendahulunya, “In Times” memiliki bagian yang lebih berorientasi black metal (meskipun bukan bagian yang dominan dari album). Jadi gaya musik masih terdengar epik black metal progresif dengan bertema lirik mitologi Norse/viking. Dengan kualitas lagu yang sangat tinggi dengan bagian black metal relatif keras (terutama lagu pembuka ‘Thurisaz Dreaming’ memiliki beberapa bagian black metal yang cukup baku dan cepat) beriringan dengan progresif rock/metal. Suara keyboard, synthesizer, mellotron, riff berat, tremolo picking, solo gitar melodi, dan variasi ritmis yang baik adalah beberapa elemen yang membentuk musik itu sendiri.

“In Times” memiliki 6 lagu dan masa putar 53:05 menit. Semua trek memiliki masa putar rata-rata sekitar 8-9 menit dan untuk lagu ‘In Times’ sendiri memiliki waktu hampir 11 menit, sehingga semua trek diberi ruang untuk bernapas dan waktu untuk berkembang. Khusus lagu ‘Building With Fire’, merupakan lagu yang biasa, dengan garis melodi yang mudah diingat dan suara vokal yang bersih. Dalam hal ini pujian pantas diberikan untuk melodi yang sempurna dengan paduan suara yang relatif brutal dengan sentuhan death metal.

“In Times” adalah rilisan berkualitas tinggi pada hampir setiap parameternya. Meskipun memiliki sifat progresif, album ini terasa sedikit lebih sulit diprediksi dari pendahulunya, meskipun pada akhirnya penulis sama terkejutnya seperti ketika pertama kali mendengarkan album “RIITIIR”. Itu membuat rilis “In Times” kalah sedikit dengan “RIITIIR”, tetapi dengan kejutan yang mereka hasilkan, terkadang mengangkat pamor album itu sendiri menjadi kesuksesan.

Anggota band:

Grutle Kjellson – vocals, bass
Ivar Bjørnson – guitar, keyboards
Arve “Ice Dale” Isdal – guitar
Cato Bekkevold – drums, percussion
Herbrand Larsen – guitar, keyboards, mellotron

enslavedintimescd

Daftar lagu:

01. Thurisaz Dreaming – 8:13
02. Building With Fire – 8:49
03. One Thousand Years Of Rain – 8:13
04. Nauthir Bleeding – 8:10
05. In Times – 10:44
06. Daylight – 8:56

Advertisements