ANGRA “Secret Garden”

Angra

Meskipun ANGRA merupakan band yang paling terkenal di negara asalnya (Brasil), tapi penulis tidak pernah menjadikan ANGRA sebagai salah satu band favoritnya. Penulis selalu menikmati musik mereka, tapi selain dari album “Temple of Shadows”, penulis cenderung menyukai mereka tapi tidak mengidolakan mereka. Apalagi ketika inkarnasi terbaru mereka terungkap, dengan drummer dan vokalis baru, penulis tidak tertarik untuk melihat seberapa banyak perubahan mereka. Ketika album studio kedelapan mereka “Secret Garden”, yang kita bahas di sini, penulis hanya sebagai penikmat album, dan mungkin dengan itu mereka akan bisa lebih baik.

Penggemar ANGRA cenderung terbagi menjadi dua kubu: Mereka yang lebih memilih rilis awal mereka, yang dipimpin oleh vokalis Andre Matos, dan mereka yang lebih memilih album di kubu Eduardo Falaschi (Edu Falaschi). Ada beberapa orang yang suka keduanya, tapi secara umum penulis menemukan ada sedikit perbedaan yang menjadikan mereka terpecah. Sebagaimana dinyatakan di atas, penulis tidak bisa mengklaim sebagai penggemar fanatik mereka, meskipun secara teknis penulis tertarik dengan kubu yang terakhir, karena penulis tidak suka dua album pertama mereka, dan itu karena hadirnya album “Temple of Shadows” terjadi pada album kedua dari era Falaschi.

Seperti yang diharapkan, “Secret Garden” begitu cocok sebagai album mereka selanjutnya, terutama di album sebelumnya “Aqua”, tetapi jika sesuatu itu bahkan untuk melangkah lebih jauh mengarah yang lebih progresif, dan untuk sebagian besar unsur metal mereka tinggalkan. Hal ini menghasilkan album yang sungguh mengejutkan, menjadi album yang terdengarnya lebih santai. Bagian pertama sebagian besar didominasi oleh tempo lagu melodi metal dengan kecenderungan prog yang kuat, sementara bagian kedua hampir seluruhnya lagu balada, dan pada umumnya lagu-lagu mereka menyenangkan.

Penulis menilai ketika Edu Falaschi bergabung dengan ANGRA sedikit menyegarkan suasana di internal band, terlepas itu, ia telah menjadi bagian penting dari band selama bertahun-tahun, dan menggantikan dia memang terasa sulit. Hebatnya, band ini berhasil menarik perhatian dengan membawa vokalis baru yang bisa diharapkan, dialah Fabio Lione, membuat penulis sedikit optimis untuk album-album ANGRA selanjutnya. Seperti pada dua trek cepat, ia menunjukkan bakatnya untuk menjadi salah satu penyanyi power metal terbaik di dunia.

Untuk lagu pembuka ‘Newborn Me’ pada album “Secret Garden”, adalah salah satu yang menarik. Seperti yang disebutkan di atas, ini membuktikan bahwa Fabio Lione cocok dengan kriteria musik dan lagu ANGRA. Hanya satu lagu yang penulis tidak suka, ‘Crushing Room’. Penulis menyukai suara vokal Rafael Bittencourt di semua trek lain di mana ia muncul, tapi untuk lagu yang satu ini penulis menemukan dia hanya sedikit mengeluarkan vokalnya, yang membuat paduan suara terdengar buruk, dan untuk beberapa alasan suara Doro Pesch terdengar agak canggung. Untuk lagu dengan tempo lambat seperti ‘Final Light’, ‘Violet Sky’ dan ‘Silent Call’ bagus tapi tidak terlalu mengesankan.

Penulis membuat deskripsi akurat untuk “Secret Garden” secara keseluruhan: Ini adalah album yang solid dengan kinerja yang sangat baik, produksi yang begitu sempurna, selain yang menonjol dari lagunya, lagu ini tidak cukup bagus untuk dianggap lebih dari bagus, tapi juga tidak terlalu mengesankan. Mungkin ada penggemar ANGRA yakin untuk menyukai setidaknya beberapa dari itu, meskipun penulis menduga sebagian besar penggemar masih menyukai album di era Matos atau Falaschi. Penulis sendiri menyukai lebih dari salah satu album Matos, dan penulis akan menempatkannya di suatu tempat di tengah-tengah album Falaschi, mungkin sedikit di depan “Aurora Consurgens”, dan di belakang “Aqua”, dengan “Temple of Shadows” yang masih jauh di depan. Sebagai catatan, penulis lebih memilih Lione sebagai penyanyi mereka sebelumnya, dan penulis berharap ANGRA dapat melakukan kerjasama yang lebih baik dengan dia di masa depan.

Anggota band:

Fabio Lione – Lead vocals
Rafael Bittencourt – Guitars, lead/backing vocals
Kiko Loureiro – Guitars, backing vocals
Felipe Andreoli – Bass, backing vocals
Bruno Valverde – Drums

angrasecretgardencd

Daftar lagu:

1. Newborn Me
2. Black Hearted Soul
3. Final Light
4. Storm of Emotions
5. Violet Sky
6. Secret Garden
7. Upper Levels
8. Crushing Room
9. Perfect Symmetry
10. Silent Call

Advertisements