KISS

KISS png

KISS lahir dan hadir di tengah-tengah pecinta musik hard rock pada tahun 1973, sebuah ide cemerlang yang muncul dari Gene Simmons dan Paul Stanley, yang memiliki sebutan (Wicked Lester). Dengan dandanan serta penampilan yang unik, menjadi magnet tidak hanya bagi orang-orang tetapi juga bagi label Casablanca Records, yang memberikan mereka kontrak rekaman pertama kali di tahun yang sama, dengan formasi awal Paul Stanley “The Starchild” (vokal dan gitar), Gene Simmons “The Demon” (bass), Ace Frehley “Space Man” (gitar) dan Peter Criss “The Catman” (drum).

KISS membuka konser sejak akhir 1974. Seiring perjalanan waktu dan bertahap fans mereka terus meningkat menjadikan titik kuat dari kehadiran mereka, bukan hanya pada musik itu sendiri namun presentasi yang menyenangkan dari penggemar atas penampilan mereka yang begitu menarik. Para pecinta musik rock pada waktu itu mengetahui mana band yang terbaik dan siapa yang akan memiliki tempat yang terbaik, karena penonton sendiri ingin menikmati suatu pertunjukan yang terbaik pula.

Selama bertahun-tahun KISS telah berkembang menjadi band besar, dengan Gene Simmons sebagai ikon, mereka tampil di berbagai konser dengan selalu dipenuhi penonton dan pertunjukan kembang api, lampu dan efek canggih. KISS memiliki strategi yang tepat untuk memperoleh keberhasilan, mereka terus mempromosikan diri di setiap kesempatan yang dihadapi dengan kredit khusus yaitu Gene Simmons, seorang pria yang selalu mengerti apa keinginan fans. KISS menciptakan merchandise dengan berlisensi dari semua jenis barang mulai dari boneka, peti mati mainan dll.

Pada awal 80-an, mereka membuat perubahan dengan meningkatkan mood internal dalam band (termasuk masalah penyalahgunaan obat-obatan terlarang). KISS juga membuat suatu keputusan aneh dan mempertaruhkan karir di atas panggung tanpa topeng dan tanpa make up, dan itu berjalan hingga pertengahan 90-an. KISS telah memberikan warna historis dan gaya musik tersendiri, dan ternyata banyak band-band muda di dunia terinspirasi oleh KISS.

Sekarang lebih dari 40 tahun berjalan dan usia para anggota yang tidak lagi muda, KISS mengalami pasang surut penampilan dan telah melakukan beberapa perubahan lineup, hanya Paul Stanley dan Gene Simmons yang tidak tergantikan. KISS kini merilis 24 album studio, terakhir “Monster” (2012), dan lebih dari 20 rilis antara kompilasi, live dll. KISS memiliki lagu-lagu ‘hits’ yang paling dikenal banyak orang: ‘Rock and Roll All Nite’, ‘Detroit Rock City’, ‘Love Gun’, ‘I Love It Loud’, ‘Forever’ dan ‘I Was Made for Lovin’ You’.

Inilah ulasan singkat saya tentang salah satu band rock terbesar dunia dari berbagai generasi. Kita sekarang masih mengikuti perkembangan musik mereka, suatu saat cerita itu akan berbalik, kita akan mengenang keberadaan mereka dan mengisahkan kepada anak dan cucu kita.

Anggota band:

Paul Stanley “The Starchild” – rhythm guitar, lead vocals, backing vocals (1973–)
Gene Simmons “The Demon” – bass guitar, lead vocals, backing vocals (1973–)
Eric Singer “The Catman” – drums, percussion, backing vocals (1991–1996, 2001−2002, 2004–)
Tommy Thayer “Space Ace” – lead guitar, backing vocals (2002–)

Mantan anggota:

Ace Frehley “The Spaceman” – lead guitar, vocals (1973–1982, 1996–2002)
Peter Criss “The Catman” – drums, vocals (1973–1980, 1996–2001, 2002–2004)
Eric Carr “The Fox” – drums, vocals (1980–1991; meninggal 1991)
Vinnie Vincent “The Ankh Warrior”– lead guitar, backing vocals (1982–1984)
Mark St. John – lead guitar, backing vocals (1984; meninggal 2007)
Bruce Kulick – lead guitar, vocals (1984–1996)

KISS demon faceKISS starchild face
KISS cat face KISS fox face KISS space ace face  KISS ankh warrior face

Advertisements