ORPHANED LAND

Orphaned land

Orphaned Land adalah sebuah band metal progresif Israel yang dibentuk pada tahun 1991 dengan nama Resurrection. Pada tahun 1992, band ini berganti nama Orphaned Land dengan menyatukan pengaruh Yahudi, Timur Tengah, dan Asia Barat lainnya.

Band ini telah melalui beberapa perubahan lineup selama bertahun-tahun, tetapi tetap memiliki dua anggota pendiri, Kobi Farhi (vokal) dan Uri Zelcha (bass). Kemudian bergabunglah Matan Shmuely (drum), Chen Balbus (gitar / keyboard). Anggota pendiri yang lain Yossi Sassi (gitar) keluar dari band pada awal 2014.

Orphaned Land mengusung genre progressive, doom, death metal, serta musik tradisional Timur Tengah dalam bentuk Oriental metal. Lirik mereka mengutamakan pesan perdamaian dan persatuan antara tiga agama Yudaisme, Islam, dan Kristen. Orphaned Land dalam membuat album selalu mengedepankan konsep yang terkait diantara dua dunia:. Pertemuan Timur dan Barat, masa lalu dan sekarang, terang dan gelap, Tuhan dan Setan.

Pada tahun 1993, Orphaned Land membuat album “The Beloved’s Cry” (demo). Pada tahun selanjutnya mereka merilis album pertama “Sahara” (1994). Album kedua El Norra Alila (1996), memiliki banyak pengaruh musik Oriental seperti lagu ‘El Norra Alila’ (Illustrious God), berdasarkan sebuah puisi sebagai permohonan pengampunan.

Selama tujuh tahun setelah album kedua, Orphaned Land merilis album ketiga “Mabool” dirilis pada tahun 2004. Album ini sarat akan pesan-pesan untuk umat manusia, dengan datangnya banjir besar sebagai hukuman atas dosa-dosa mereka. Pada album tersebut mengalun nyanyian tradisional Yaman yang dinyanyikan oleh Shlomit Levi, serta kutipan dari ayat-ayat Alkitab dari kisah banjir yang disuarakan oleh vokalis Kobi Farhi.

Setelah merilis album “Mabool”, Orphaned Land merilis sebuah EP, “Ararat” (2005), yang diambil nama dari sebuah gunung yaitu Gunung Ararat. Meskipun lagu-lagu mereka menggambarkan pada tema alkitabiah, mereka mengatakan bahwa mereka bukanlah umat yang religius, mayoritas anggota band sebagai pengikut ateis atau agnostik.

Pada Januari 2010, Orphaned Land merilis album sebagai tindak lanjut dari album “Mabool”, berjudul “The Never Ending Way of ORwarriOR”. Konsep dalam album ini menggambarkan pertempuran antara terang dan gelap. Pada awal 2011, album ini dinilai oleh majalah Storm Metal sebagai album nomor satu progresif metal tahun 2010 dengan 421/1130 total votes.

Pada tanggal 22 Mei 2010, Orphaned Land menjadi band pembuka pertunjukan Metallica di Israel. Untuk mempromosikan album terbaru mereka “The Never Ending Way of ORWarriOR”, band ini mengikuti berbagai musik festival seperti festival musim panas 2010, Wacken Open Air, Summer Breeze Open Air, Sonisphere Festival, Gods of Metal, Rock Hard Festival dll. Setelah tur musim panas, mereka mengikuti tur Amerika Utara sebagai pendukung band Katatonia, bersama dengan Swallow the Sun. Selanjutnya tur Eropa sebagai pendukung band Amorphis bersama dengan Ghost Brigade.

Pada tahun 2011, mereka mengikuti festival musik Hellfest music festival di Perancis. Orphaned Land mengikutsertakan seorang penari perut Lebanon bernama Johanna Fakhry dengan mengibarkan bendera Lebanon di samping bendera Israel di atas panggung. Sejak insiden itu, Johanna Fakhry telah menerima ancaman pembunuhan dan takut untuk kembali ke Lebanon.

Pada tanggal 11 Juni 2012, gitaris Matty Svatitzky keluar dari band karena masalah pribadi. Matti Svatitzky digantikan oleh Chen Balbus, seorang musisi muda dan seorang pemain gitar pengganti untuk beberapa pertunjukan live mereka. Sebelum ia menjadi anggota resmi. Chen langsung menjadi bagian integral dari menulis, memproduksi dan rekaman album baru, “All Is One”.

Album kelima Orphaned Land yang berjudul “All is One”, dirilis pada tanggal 21 Juni 2013 dan untuk seluruh dunia pada tanggal 25. Vokalis sebelumnya Shlomit Levy tidak tampil di album ini, dan digantikan oleh Mira Awad. Pada tanggal 7 Januari 2014, Orphaned Land mengumumkan pada halaman Facebook mereka bahwa mereka telah berpisah dengan gitaris serta pendiri Yossi Sassi.

Pada tanggal 7 Januari 2014, Orphaned Land mengumumkan pada halaman Facebook-nya bahwa mereka telah berpisah dengan gitaris dan salah satu pendiri, Yossi Sassi.

Orphaned Land baru saja meraih penghargaan untuk “Global Metal Band of the Year 2014” yang dipersembahkan oleh Metal Hammer, juga merilis sebuah video baru ‘Let the Truce Be Known’ yang disutradarai oleh Vadim Machona.

Anggota band saat ini:

Kobi Farhi – vokal (1991-sekarang)
Uri Zelcha – gitar bass (1991-sekarang)
Matan Shmuely – drum, perkusi (2007-sekarang)
Chen Balbus – gitar, piano, gambang, backing vokal (2012-sekarang)

Mantan anggota:

Matti Svatitzki – gitar (1991-2012)
Sami Bachar – drum, perkusi (1991-2000)
Itzik Levy – keyboard, piano (1991-1996)
Asias Eran – drum, perkusi (2000-2004)
Eden Rabin – keyboard, backing vokal (2001-2005)
Avi Diamond – drum, perkusi (2004-2007)
Yatziv Caspi – perkusi (2004-2007)
Yossi Sassi – gitar, oud, saz, arranger, chumbush, backing vokal (1991-2014)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s