TERAPI MUSIK dapat mengurangi depresi

music

Sebuah penelitan baru yang dilakukan oleh Queen University, Belfast dan Northern Ireland Music Therapy telah menemukan bahwa terapi musik secara signifikan ternyata dapat mengurangi depresi pada anak-anak dan remaja. Ini dibuktikan dengan melibatkan 251 peserta yang menerima pengobatan untuk masalah emosional dan perilaku yang dilakukan selama periode tiga tahun.

Mereka dibagi menjadi dua kelompok, satu mereka yang menerima terapi secara tradisional dan lainnya melalui terapi musik. Temuan menunjukkan bagi mereka yang menerima terapi musik ditampilkan peningkatan kepercayaan diri mereka dan mengurangi gejala depresi. Hasil penelitian juga mengungkapkan perbaikan dalam komunikasi dan keterampilan interaktif bagi mereka yang menerima pengobatan tambahan.

Ciara Reilly, chief executive dari Northern Ireland Music Therapy mengatakan: “Temuan ini begitu dramatis dan telah menggaris bawahi suatu kebutuhan untuk terapi musik harus dibuat tersedia sebagai pilihan pengobatan utama.”

“Untuk waktu yang lama kami telah mengandalkan pada bukti anekdot dan temuan riset kecil-kecilan tentang seberapa baik bekerjanya dari terapi musik ini. Sekarang kita memiliki bukti klinis yang kuat untuk menunjukkan efek yang menguntungkan,” tambahnya.

Advertisements