MANOWAR “Kings of Metal”

C418

“Kings of Metal”, adalah album keenam dari MANOWAR yang dirilis pada tahun 1988 bersama dengan label Atlantic Records. Album ini merupakan album yang terakhir bagi sang gitaris dan salah satu pendiri band yaitu Ross “The Boss” Friedman, yang pada waktu itu memutuskan untuk bergabung dengan band punk The Diktator. Begitu juga dengan drummer Scott Columbus yang mengikuti jejak Ross meninggalkan band setelah album ini dirilis, tapi bergabung kembali pada 1996.

Mungkin ada orang yang beranggapan bahwa album “Hail To England” dan “Into glory Ride” adalah album Manowar yang terbaik. Bagi saya sendiri, semua musik pada seluruh album Manowar patut kita dengar dan kita nikmati, dan bukan untuk dinilai karena ini bukanlah dalam ujian sekolah. Disini saya mengesampingkan pro maupun kontra tersebut dan akan saya ulas sedikit demi sedikit tentang album “Kings of Metal”.

Pertama-tama album ini sangat beragam dalam hal bermusiknya yang tentu saja dengan gaya Manowar yang khas. Musik mereka memiliki tempo speed metal, sedang, sampai pada balada. Album Manowar sebagian lainnya terlalu menekankan pada satu atau dua gaya tertentu dan karena itu menjadi lebih monoton. Kedua kualitas dari masing-masing lagu begitu bagus.

Lagu pembuka dalam album “Kings of Metal” adalah ‘Wheels Of Fire’ yang memiliki tempo speed metal dan sepertinya mereka menunjukkan bahwa mereka memiliki talenta yang terbaik. Lagu ‘Kingdom Come’ lebih epik dan dinamis begitupun pada lagu ‘Heart of Steel’ adalah balada heroik yang sangat ciamik dengan chorus yang sangat bagus pula, mereka membuktikan kepada kita, bahwa mereka juga menguasai musik dengan penjiwaan yang tenang. Akan tetapi ada lagu balada lain yang bahkan lebih bagus lagi yaitu ‘The Crown and The Rings’ dengan di iringi paduan suara, membuat bulu kita merinding. Tidak heran banyak band lain yang mencoba meniru dengan berbagai gaya maupun dengan aransemen lain yang seperti lagu tersebut.

‘Hail and Kill’ dan’Kings of Metal’ lagu yang begitu dinamis dan sangat menarik di dengar. ‘The Warriors Prayer’, adegan sang kakek sedang bercerita kepada cucunya sebagai cerita pengantar tidur disertai dengan suara efek, sejurus kemudian lagu ‘Blood of the Kings’ seakan-akan menusuk di tengah-tengah cerita sang kakek menjadikan ‘Blood of the Kings’ sebagai lagu terakhir. Lagu ‘Blood Of The Kings’ menurut saya adalah lagu metal kelas atas.

Pada album “Kings of Metal”, musik-musik mereka terdengar sangat keras dan lebih keras dari kejamnya neraka (full of steel), dan siap untuk meniup speaker anda jauh-jauh. Album keenam mereka ini adalah sebagai salah satu album terbaik dan mengutamakan kualitas yang tidak seperti anda harapkan dari band-band metal lain. Itu terbukti dengan dirilisnya kembali album berjudul “Kings of Metal MMXIV” (tahun 2014).

Manowar melalui album ini, para penggemar menyebutnya sebagai Kings of Metal dan sebagai the True Metal yang tidak dapat disejajarkan dengan band lain. Apalagi dengan kemampuan teknis yang mengesankan dari permainan bass Joey DeMaio dapat didengar pada lagu ‘Sting Of The Bumblebee’. Semua trek dalam album ini ditulis oleh Joey DeMaio, kecuali trek 2 & 7 oleh Joey DeMaio & Ross the Boss Friedman dan trek 4 karya dari Nikolai Rimsky-Korsakov.

Anggota MANOWAR saat itu:

Joey DeMaio – Bass (4, 8-string), Piccolo
Ross the Boss – Guitars, Keyboards
Scott Columbus (R.I.P. 2011) – Drums, Percussion
Eric Adams – Vocals

King+Of+Metal+manowarkingsofmetal

Daftar lagu:

1. Wheels of Fire
2. Kings of Metal
3. Heart of Steel
4. Sting of the Bumblebee (instrumental)
5. The Crown and the Ring (Lament of the Kings)
6. Kingdom Come
7. Hail and Kill
8. The Warriors Prayer
9. Blood of the Kings

Advertisements