Musik rock Indonesia di era 70-90’an

BMR 1Era tahun 1970-an, grup yang menjadi Ikon musik rock Indonesia antara lain AKA, Rollies, Giant Step, Freedom of Rhapsodia, The Barong, SAS, Super Kid, dan God Bless. Band-band tersebut memiliki performa yang begitu spektakuler dan menggebrak panggung rock nusantara. Karena teknologi masih kurang/minim, maka penggunaan efek guitar masih kurang, sehingga penonjolan ada pada skill individu dan aksi panggungnya.

Sekitar tahun 1980-90’an Mulai bermunculan warna-warna baru dalam musik Rock dengan sound yang lebih garang, speed menonjol, lengkingan vokal yang tinggi dan distorsi gitar lebih tebal. Grup musik rock Indonesia pada waktu itu seperti Grass Rock,Elpamas, Rolland Band, Power Metal, Gong 2000, Andromedha, Kaisar, Slank, WhizzKid, Edane, U Camp, VooDoo, Boomerang, Grass Rock, Protonema, Adegan, Power Slave, dll, pada saat itu menjadi Ikon musik rock Indonesia.

Sementara dari barisan perempuan, jangan harap saat ini kita akan menemukan penyanyi dengan tatanan rambut aneh dan bulu mata mencuat. Kubu penyanyi perempuan memang terbilang ramai seperti Ita Purnamasari yang kerap tampil diatas panggung sambil bermain piano, Atiek CB yang berpenampilan sensual dan kacamata hitam, Nicky Astria, Anggun C. Sasmi dengan ciri khas baret dan suara melengking, Mel Shandy berani mengusung musik Metal, Conny Dio, Inka Christy, dll.

Karena aksinya yang tergolong “gila” dari band-band diatas tadi, maka mulailah para fans nya membuat geng-geng yang mendukung grup band nya masing-masing mulai bersikap anarkhis, mau menang sendiri, ingin di akui menjadi geng yang terkuat terbesar dan banyak anggota, dari situlah cikal bakal seringnya aksi brutal dan kekisruhan di saat ada pentas live musik bahkan sampai sempat menimbulkan korban jiwa yang berujung kepada pelarangan untuk musik-musik sejenis ini.

Kembali lagi pada era 70-90’an, dimana pemusik rock Indonesia begitu variatif dengan eksistensi band-band yang memang benar-benar punya kwalitas. Meski sering muncul secara bersamaan, tetapi masing-masing band tidak saling meniru seperti yang terjadi pada band-band zaman sekarang, semuanya hasil dari kerja keras, mereka bisa dikatakan sebagai seorang rocker sejati. Pada era inilah merupakan kejayaan musik Rock di beberapa kota di seluruh Indonesia. Setelah era 90’an lahirlah Seattle sound, britpop, dan pengembangan dari rock n’ roll. Termasuk juga genre-genre rock alternative, modern rock, black Metal, hardcore, grindcore, brutal death, death metal, gothic,dll, karena itu musik rock sudah tidak pakem lagi. Di era sekarang juga, orang-orang yang terjun ke dunia hiburan maunya instan, mereka muncul tidak diiringi kualitas dan hanya dengan prinsip cuma ingin terkenal apalagi modal tampang.

Sekarang, industri musik rock khususnya di Indonesia mengalami stagnasi yang parah. Ironisnya lagi, masih sedikit musisi rock yang lahir di era modern saat ini.

Advertisements