GOD BLESS, legenda band rock Indonesia

BMR 1

Kita semua para pecinta musik rock khususnya yang berada di Indonesia, sedikit banyak tentu kita mengetahui sejarah dan kiprah salah satu dari legenda band rock ini. Untuk itu, dengan blog baru ini kami ingin menulis kembali kisah-kisah yang kami rangkum dari berbagai sumber mengenai band yang paling nomer wahid di Indonesia, yaitu God Bless.

Kelahiran God Bless dimuka bumi ini hingga bisa berlari dan melompat setinggi langit tidak lepas dari perjalanan karir Achmad Albar (vokalis) bersama dengan Ludwig Lemans (gitaris Clover Leaf) dengan band mereka Take Five (1966-1967), dan Clover Leaf (1967-1972) di negara Belanda. Setelah beberapa tahun tinggal di Belanda, mereka berdua melakukan perjalanan liburan mengunjungi tanah kelahiran (Indonesia) sekaligus mengamati perkembangan musik di Indonesia. Achmad Albar bersama Ludwig Lemans memimpikan untuk membuat sebuah band di Indonesia. Mereka kemudian mengundang Fuad Hassan (drum), Donny Fattah (bass), Deddy Dores (keyboard), untuk membentuk sebuah band bernama Crazy Wheels di tahun 1973.

Clever-Leaf-01-300x180

Crazy Wheels mengawali latihan di kawasan Puncak selama dua minggu, sebagai persiapan untuk menghadapi pergelaran musik di TIM (Taman Ismail Marzuki) tanggal 4 dan 5 Mei 1973 dan mengikuti pentas musik “Summer ’28” di Ragunan, Jakarta, yang diikuti berbagai band dari Indonesia, Malaysia dan Filipina. Hari itu merupakan hari kemuliaan dari musik rock di seluruh dunia dan juga yang terjadi di Indonesia. Pada waktu itu keberadaan majalah musik rock lokal Aktuil telah membuat rock Indonesia menjadi lebih cerah. Pada waktu itu juga disana-sini masyarakat sangat mengenal dengan lagu Deep Purple, Led Zeppelin dan Iron Man (Black Sabbath).

Take-Five-01-300x180

Setelah acara konser mereka lalui, pada tanggal 5 Mei 1973, mereka mendeklarasikan nama band menjadi God Bless. Disaat itu pula Deddy Dores tidak bertahan lama dalam band karena harus mengurus bandnya sendiri, Rhapsodia, kemudian ia digantikan oleh Jockie Suryoprayogo (keyboard). Namun Jockie juga tidak bisa bertahan lama, posisi beliau pun digantikan oleh (almarhum) Soman Lubis.

Pada bulan Juni 1974, Fuad Hasan dan Soman Lubis mengalami kecelakaan lalu lintas di Tugu Pancoran, Jakarta Selatan. God Bless pun melalui masa berkabung. Ditambah lagi, sang gitaris Ludwig Lemans juga memutuskan untuk keluar dari God Bless. Dengan demikian, personel yang tersisa tinggal Ahmad Albar dan Donny Fattah. Untuk mengisi kekosongan pada keyboard, mereka mengajak kembali Jockie untuk bergabung. Jockie lantas mengajak Ian Antono (gitar) dan Teddy Sujaya (drum) untuk bergabung dengan God Bless.

130605060637

Pada saat itu, God Bless tidak memiliki lagu sendiri. Mereka hanya band yang biasa membawakan lagu-lagu band lain seperti Kansas, Easy Beast, Genesis, Deep Purple, pada setiap penampilan mereka. Proses masuknya band legendaris ini kedalam dapur rekaman dimulai dengan coba-coba. Mereka menulis lagu, dan lantas merekamnya. Mereka merekamnya di sebuah studio yang dikelola oleh Alex Kumara (ahli broadcast). Akhirnya rekaman mereka bisa sampai ke telinga CEO PT Aquarius Musikindo, yang waktu itu dipimpin oleh Suryoko, yang juga sahabat Ian Antono. Akhirnya pada tahun 1975, God Bless merilis debut album “God Bless”.

130607030654

Kini 41 tahun sudah keberadaan God Bless meramaikan belantika musik rock Indonesia, dan walaupun mereka telah berganti-ganti anggota, God Bless tetaplah God Bless yang tak pernah hilang dihati penyuka musik rock Indonesia. Mereka sekarang tetap menjadi penyemangat bagi band-band muda yang seakan meneriakan dengan lantang “ROCK NEVER DIED!”.

Anggota God Bless:

Ahmad Albar – Lead Vocal
Djusuf ‘Ian’ Antono – Guitar, Backing Vocal
Donny Fattah Gagola – Bass, Backing Vocal
Abadi Soesman – Keyboard, Piano, Synth, Backing Vocal
Yaya Moektio – Drum, Percussions

Mantan Anggota:

Yockie Soerjoprajogo – Keyboard, Piano, Synth
Soman Lubis – Keyboard, Piano, Synth
Fuad Hassan – Drum
Ludwig Le Mans – Guitar
Teddy Sujaya – Drum
Eet Sjahranie – Guitar
Gilang Ramadhan – Drum

blees

Diskografi:

Album
1975 – God Bless
1980 – Cermin
1988 – Semut Hitam
1989 – Raksasa
1997 – Apa Kabar
2009 – 36th

Kompilasi
1990 – The Story of God Bless
1992 – 18 Greatest Hits of God Bless
1999 – The Greatest Slow Hits

Advertisements

One thought on “GOD BLESS, legenda band rock Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s