STEVE MORSE

Steve Morse

Ketika saya melihat beberapa video dari konser Deep Purple, saya terkesan dengan permainan gitaris mereka (Steve Morse). Dia adalah anggota termuda dari band, dan saya di sini tertarik ingin mengulas perjalanan karir Steve Morse. Siapa dia?

Steven J. “Steve” Morse (lahir 28 Juli 1954) adalah seorang warga Amerika. Morse telah menguasai berbagai genre, rock, country, funk, jazz, klasik. Ayah Morse adalah seorang pendeta dan ibunya seorang pianis klasik. Meskipun akrab dengan piano dan klarinet, Morse akhirnya menjadi tertarik pada gitar dan disitulah karir musiknya dimulai.

Morse bekerja bersama saudaranya, Dave, di sebuah band bernama The Plague sampai keluarganya pindah ke Augusta, Georgia. Pada akhir tahun 1960, ia bermain di sebuah band bernama Three dengan kakaknya dan seorang teman sekolah SMP, William Gerald (Jerry) Wooten, yang bermain pada keyboard.

Sementara ia terdaftar sebagai siswa sekolah tinggi Academy of Richmond County, Morse bertemu bassist Andy West dan bersama-sama mereka membentuk Dixie Grit, dengan Johnny Carr (keyboard), gitaris/vokalis Frank Brittingham, dan Dave Morse pada drum, namun usaha tersebut tidak berlangsung lama. West dan Morse terus bermain sebagai duet sampai pengusiran Morse dari sekolah di kelas 10 (karena menolak memotong rambutnya).

Setelah lulus dari University of Miami pada tahun 1975, ia dan West secara resmi memberi nama grupnya Dixie Dregs dan bertahan hingga awal tahun 1983. Setelah pecahnya Dregs tahun 1983, Morse kemudian membentuk The Steve Morse Band, trio bersama bassis Jerry Peek dan drummer Doug Morgan (mantan anggota Glass Moon).

Pada tahun 1986, Morse bergabung dengan grup rock Kansas. Mereka merilis dua album,’ Power’ dan ‘In the Spirit of Things’. Morse meninggalkan band setelah tur album kedua. Dia kembali bergabung dengan band untuk bagian dari tur mereka 1991.

Pada tahun 1994, Morse bergabung dengan Deep Purple, menggantikan Ritchie Blackmore (meskipun Joe Satriani diganti Blackmore pada saat The Battle Rages On tour). Sejak itu, Morse telah bermain di lima album studio ‘Purpendicular’, ‘Abandon’, ‘Bananas’, ‘Rapture of the Deep’ dan ‘Now What’, Serta tujuh album live mereka.

Selain bermain dengan Deep Purple, Morse, bersama dengan Jimmy Barnes, Bob Daisley, Lee Kerslake dan Don Airey, membentuk Living Loud pada tahun 2003. Pada musim semi 2010 dilaporkan bahwa Steve Morse dan Bob Daisley mulai bekerjasama pada album studio baru yang ditetapkan untuk rilis pada tahun 2011.

2007, Morse mulai kolaborasi dengan Angelfire. Album dengan nama yang sama, dirilis pada tanggal 10 Agustus 2010. Album ini memiliki tekstur, suara akustik yang berbeda dari pekerjaan Morse sebelumnya.

Pada tahun 2012, Morse membentuk Flying Colors, sebuah supergrup Amerika yang terdiri dari Mike Portnoy, Dave LaRue, Casey McPherson dan Neal Morse, album debutnya dirilis pada tanggal 26 Maret 2012.


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s